Tulisan berikut merupakan informasi kaitannya dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan melalui email dari kawan-kawan di Indonesia mengenai Qatar, karena sifatnya juga pandangan pribadi, ya otomatis masih subyektif, paling nggak mewakili… kalo ada tambahan ditunggu masukannya. Atau ada kawan di Indo yang menanyakan hal serupa, dipersilakan untuk ngelink ke sini, yang penting bisa untuk saling menolong. Semua saya coba susun dalam sebuah ringkasan berikut :

1. Geografi dan iklim

Qatar merupakan semenanjung kecil dengan luas sekitar 11.437 km2 di teluk Arab dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya antara lain Halul,Sharaauh, kepulauan hawar dan alBasyria,al Safiliya dan al aliya.Jumlah penduduk sekitar 800.000 orang dengan pertumbuhan rata-rata 9 % pertahun.Sebagian besar penduduk tinggal di Doha sebagai ibukota Negara dengan dikelilingi kota kecil seperti Messaid dan Wakrah, Raslafan, Alkhor dan Dukhan.

Penduduk asli disebut Qatari dengan jumlah sekitar 350.000 orang diikuti expatriate India yang hampir mengisi seluruh lini kehidupan Qatar (termasuk Pakistan, Srilangka, Bangladesh dan Nepal), negara Arab lain seperti Mesir Libanon, Palestina, Sudan, dll , Philipina, dan Negara lain dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Jumlah orang Indonesia sekitar 30.000 orang didalamnya termasuk pekerja professional seperti di perminyakan dan non professional seperti PRT dan pekerja bangunan. Karena banyaknya pekerja expatriat, membuat sebagian dari kawan kita jadi nggak betah karena gesekan-gesekan di lingkungan kerja misalnya. Meskipun ini sifatnya subyektif juga karena di tempat lain ada yang merasa situasinya cukup kondusif dan bahkan saling mendukung keberhasilan kerja. Prinsipnya kalo kita orangnya ‘biasa aja’ ,gak usah ‘irian’, hormat sama orang, Insya Alloh dimana pun tempat kita…. Orang akan segan dengan kita.

Iklim di Qatar memiliki dua musim yaitu musim panas pada bulan Mei s/d Oktober dan musim dingin dari bulan November s/d April. Maksimum tempertur pada musim panas sekitar 50 0C dengan kelembaban bisa mencapi 90 %! Bagi yang kena asma bisa sangat menyesakkan.Dan temperatur pada musim dingin bisa mencapai 4 0C! Biasanya disertai dengan angin kering sehingga kulit bisa pecah-pecah.

Waktu Qatar adalah GMT + 3 jam atau 4 jam duluan Indonesia.

Bahasa yang digunakan adalah Arab dan Inggris, jangan heran orang Qatar lebih jago Inggrisnya daripada kita, ada kursus (lembaga pendidikan) gratis yang mengajarkan kedua bahasa ini.

3 September 1971 adalah hari kemerdekaan Qatar dan pengusahaan minyak dimulai sejak 1974. Tanggal 27 Juni 1995 Sheikh Hamad bin Khalifa Althani mulai memerintah kerajaan dengan konsep modernisasi dan keterbukaan jadi jangan heran Qatar sekarang sudah begitu modern dan terbuka, tidak seketat Saudi. Jadi jangan heran kalo kita jalan-jalan udah biasa melihat ‘pemandangan’ seperti di negara kita. Tapi untuk wanita pribumi diharuskan memakai baju kurung hitam (abaya) dan cadar, meski juga sekarang udah mulai ada polemik untuk melepas cadar.

2. MATA UANG

Mata uang yang digunakan adalah Qatari Riyal (QR) dengan nilai nominal 500 QR, 100 QR, 50 QR, 10 QR, 5 QR dan 1 QR. (1QR=100 dirhams) dan 1 US $ = 3.65 QR yang dari tahun ketahun selalu tetap. Fluktuasinya sangat kecil.

3. BIAYA HIDUP

3.1. TEMPAT TINGGAL

Selain pribumi dilarang memiliki tanah, sehingga praktis expatriat hanya bisa menyewa perumahan dalam bentuk flat atau apartemen. Sayangnya tidak ada aturan khusus mengenai tarif ….. sehingga kecendurangan harga sekarang semakin. Yang kasihan jika subsidi perusahaan tidak cukup… maka kita harus nombok.

Harga normal perbulan untuk apartemen di kota dengan 2 km tidur, 1 ruang makan, 1 ruang tamu, dapur dan 2 kamar mandi sekitar 5000 QR. Sedangkan untuk flat dalam satu compound (perumahan yang tidak bertingkat) minimal 9000 QR.

3.2 TELEPON dan INTERNET

Biaya telepon lokal gratis hanya abonemen 30 QR per tiga bulan dan bisa menggunakan mobile phone dengan tarif 70 dirhams untuk SMS dan SLI 50 QR untuk 15 menit (jika ke Indonesia). Biaya internet 3 QR/jam.

3.3 PENDIDIKAN

Biaya pendidikan sebagian besar ditanggung perusahaan dan karena Indonesia belum memiliki sekolah sendiri, maka bisa memilih diantara yang suka antara lain :

  1. Doha Internasional School milik pemerintah.
  2. Cambridge School berkurikulum Inggris.
  3. American International School.
  4. The International School
  5. Park house English school
  6. French School
  7. Ideal Indian School
  8. Banyak lagi yang lainnya.

Meskipun berbasis bahasa Inggris tetapi diperdalam juga bahasa Arab.

Biaya yang ditanggung perusahaan adalah dari grade 1-5 (100%) dan 5 ke atas hanya 75%.

Grade 1 dimulai umur 5 tahun.

Biaya pendidikan di Qatar cukup mahal, sebagai contoh cambridge school 1 tahun ajaran bisa mencapai 12.000 QR – 16.000 QR belum termasuk jemputan. Yang lumayan murah adalah sekolah-sekolah milik Pakistan dan India yg kurikulumnya relatif mirip dengan di Indonesia hanya Inggrisnya ya…logat India sambil geleng-geleng kepala….

3.4 LISTRIK dan AIR

Ditanggung pribadi (Kalo nggak dapat jatah perusahaan), anak 3 seperti saya rata-rata 350 QR perbulan.

3.5 MAKAN dan TRANSPORT

Sayuran dan bumbu termasuk lengkap, harganya relatif mahal. Sebagian sama dengan di Indonesia ataupun lebih murah seperti susu.

Transport menggunakan taxi jika tidak memiliki kendaraan pribadi. Tentu lebih ngirit jika punya kendaraan pribadi,karena harga mobil di sini murah ……. Sebagai contoh Toyota Land Cruiser baru hanya sekitar 300 juta rupiah atau Grand Cherokee second th 95 hanya 25.000 QR (60 jutaan). Apalagi mobil –mobil sedan….. 20 juta udah lumayan. Walu ini sich relatif juga tergantung selera masing-masing. Dan yang favorit dan punya nilai jual adalah Toyota.

Info lain menyusul…

About these ads