Onno W. Purbo, Pasti anda tahu orang yang satu ini. Dia merupakan salah satu pakar teknologi informasi Indonesia yang dikenal sebagai pelopor VoiP Rakyat dan RT/RW Net.

Mantan pegawai negeri dan dosen ITB itu telah menerima penghargaan nasional atau internasional sebanyak 9 kali. Merupakan lulusan terbaik teknik elektro ITB th 1987 dengan Judul tugas akhir “Perancangan dan implementasi rangkaian RS232C 8 kanal dan program untuk praktikum”. Menerima gelar Ph.D dari University of Waterloo, Kanada dengan Judul thesis “Studies on Polysilicon Emitter Transistors made on Zone-Melting-Recrystallized Silicon-on-Insulator” di bawah bimbingan Prof. DR. C.R. Selvakumar.

Dia aktif menulis buku dengan topik sekitar teknologi Internet, Open Source, Linux, Keamanan Jaringan, Wireless Internet, Internet Telepon (VoIP). Juga Aktif pada lebih dari 170 Mailing List di Internet. Moderator lebih dari 8 mailing list, termasuk di Jasakom-perjuangan @ yahoogroups.com, indowli@yahoogroups.com, indowli@groups.or.id, majalahneotek@ yahoogroups.com. Menerima rata-rata 1000 e-mail setiap hari.

Hebatnya, ilmu yang melambungkan namanya dipelajari secara otodidak, karena background pendidikan S1-S2-S3 adalah elektronika, lebih tepatnya lagi IC/VLSI design. Makanya beliau lebih sering membagi ilmunya ya… tentang teknologi informasi itu.

Pengen belajar dari Pak Onno? Sambangi link berikut, beliau tidak pelit kok dengan ilmunya :