Sekedar tambahan buat saudaraku yang sedang membutuhkan info tempat melempar Jumroh (Jamarat) : Dari info di fahad.com dan penelitian Prof. Dr. Dirk Helbing Chair of Sociology,EHT Zurich, pada The Dynamics of crowd Disasters : an empirical study, dimulainya pengembangan Jamarat area menjadi empat lantai dimulai 15 Januari 2006 selepas haji tahun itu.

Badan otoritas Haji Saudi mengatakan, bahwa target pembangunannya memakan waktu 3 tahun dengan biaya 4.2 bilion riyals ($ 1.2 bilion).

Tahap pertama telah dilalui th kemarin dengan selesainya dua bridge dan emergency exit bawah tanah untuk jamaah dan ambulance, Alhamdulillah th. kemaren tidak ada kecelakaan seperti tahun sebelumnya, yang pada saat itu (awal Januari 2006) saya berada di tengah-tengah pusaran masa terjadinya bencana, yang dilaporkan 363 jamaah meninggal dunia. Alhamdulillah Alloh SWT masih memberi kesempatan kepada kami untuk memperbaiki kualitas sisa hidup kami.

Lebih dari 5000 pekerja dikerahkan untuk menyelesaikan pembangunan ini, yang rencananya dengan 4 lantai ini akan dilengkapi 12 pintu masuk dan keluar. Jembatan Jamarat diperlebar menjadi 20 meter yang diperkirakan akan mampu menampung 250.000 jamaah per jam.

Mudah-mudahan Alloh SWT memudahkan pemerintah Saudi untuk menyelesaikan proyek besar ini. Amin.