Kurma? Wah pasti antum sudah kenal semua, buah khas Timur tengah yang ngetop pas lagi bulan Romadhon. Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang kurma, ikuti artikel singkat berikut…

Pohon kurma bernama latin Phoenix dactylifera termasuk family Palmae dan sering disebut Date Palm.Mempunyai nama khas disetiap Negara : Perancis–daltier, Jerman–dattel, Italia–datteri atau dattero, Belanda–dadel, Portugis–Tamara dan di Timur tengah – Tamr(kurma kering) atau ruthab(kurma basah).

Pohon ini dikembangkan terutama untuk diambil buahnya dan telah ditanam 8000 tahun yang lalu, terutama di Babilonia. Banyak ditemukan di padang pasir (kering) dan bisa mencapai tinggi 30-35 meter. Mulai berbunga setelah umur 6-16 tahun, ada dua jenis jantan dan betina dengan bentuk bunga lebih besar untuk yang berjenis jantan. Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2-7.5 cm dengan warna yang bermacam-macamantara coklat gelap,kemerahan, kuning muda dan berbiji.

Awal th. 1950-an Irak menjadi produsen kurma terbesar di Dunia, mencapai 600.000 ton/tahun. Sedang di Saudi th 1980 baru menghasilkan 500.000 ton/tahun, setelah disubsidi pemerintah dan dikembangkan dengan cara modern. Negara pengembang kurma yang lain adalah India, Algeria, Tunisaia,Mesir, Sudan, Iran, Spanyol, Jamaica dan California.

Tumbuh baik di tanah berpasir,pasir padat ataupun liat. Dibutuhkan aerasi dan drainase yang baik dan ia dapat toleran dengan tanah yang memiliki kandungan senyawa alkali. Tumbuh pada temperture 900F (32.20C) dan tidak sering terjadi hujan.

Setelah 8-10 tahun pohon kurma dapat mulai berbuah, sampai umur 100 tahun!, biasanya produksi menurun tatkala mencapai umur 60-80 tahun. Biasanya pada umur 13 tahun, satu pohon mampu menghasilkan 60-80 kg.

Wah,… ternyata susah juga ya nanem pohon kurma, butuh puluhan tahun tuk berproduksi. Lagian gak mau sering-sering dapat hujan…. Pantas di Indonesia susah tumbuhnya.

Tahu nggak pembaca? Di India, biji kurma sering digoreng dan ditumbuk sebagai campuran minum kopi, sementara di supermarket bisa kita jumpai produk olahan dari kurma ini berupa roti, permen maupun es krim. Belum pernah mencoba? … Datenga aja ke Qatar, ntar ana jamu deh…

Pengen tahu lebih lanjut manfaat buah kurma? Mohon maaf ya, Insya Alloh dilanjut lain waktu…

Sumber utama :

Kupas Tuntas kHasiat Kurma-berdasarkan Al Quran, Assunnah dan Tinjauan medis modern,Zaki Rakhmawan,Media Tarbiyah, Bogor, 2006.

About these ads